Sensasi Keindahan Alam Di Sumbawa Barat (Air Terjun Kalela)



Kabupaten Sumbawa Barat memiliki kekayaan potensi wisata yang luar biasa indanya. Namun kekayaan tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sumbawa Barat sangatlah indah dan layak untuk dikunjungi, dari alam bawah laut, hamparan pantai yang indah, perbukitan dan hutan nan sejuk, air terjun, dan lain sebagainya.

Salah satu dari sebagian banyak potensi tersebut adalah Air Terjun Jereweh. Ada beberapa sebutan air terjun nan indah di Kecamatan Jereweh ini, yaitu Air Terjun Semporon Tangkil, Kelela, Ai Koa, dan Janup

ir Terjun Jereweh ini bentuknya sangat unik dan indah tidak seperti air terjun kebanyakan.  Air yang jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua menjadi daya tarik yang dimiliki air terjun ini. Di bagian tebing air terjun ini tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya berwarna hijau. Perpaduan air terjun, tebing berongga, akar-akar pohon, dan kolam berair hijau menciptakan panorama alam yang mengagumkan.

 

Akses menuju air terjun ini cukup baik, berjarak sekitar 20 Km dari kota Taliwang, Sumbawa Barat, dengan menyusuri jalan tanah berbatu sekitar 2 Km. Setiba di tempat parkir kendaraan, kemudian berjalan kaki sekitar 160 meter menuju air terjun. Berikut adalah koordinat Air Terjun Jereweh di Google Map (  8°50'47.06"S-116°50'14.11"E ).  Meski memang tidak mudah untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, namun semua orang yang pergi ke lokasi air terjun ini sangat puas karena begitu sampai, pemandangan indah akan langsung terpampang di depan mata anda. 

JANGAN LUPA NGETRIP KE SUMBAWA BARAT YAK... !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini